Pages

Jumat, 05 April 2013

Facebook

Facebook adalah sebuah situs jejaringan sosial yang di luncurkan oleh Mahasiswa Universitas Harvad pada 4 februari tahun 2004 bernama Mark Zuckerberg. Facebook Merupakan salah satu Situs jejaringan sosial yang paling Populer saat ini ,User Facebook Bisa dari kalangan Siswa, Pekerja dan bahkan Ibu rumah tangga, bisa dari remaja,Dewasa dan bahkan anak-anak yang baru mengenal internet pun sudah memiliki account Facebook. Situs pertemanan Facebook memungkinkan seseorang untuk menemukan teman lama, menemukan teman baru, menjalin pertemanan, bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain, mengirimkan pesan dan komentar, dan Facebook juga sudah dijadikan sebagai layanan untuk pengembangan Bisnis, seperti media promsi,dan penyediaan barang dan jasa secara online   .
Selain fasilitas-fasilitas utama yang disebutkan, masih sangat banyak fasilitas-fasilitas yang ditawarkan situs itu, baik secara formal atau non-formal, independen atau dependen. Kinii jumlah facebooker Indonesia jauh melebihi pengguna di Singapura dan Malaysia. Padahal Facebook hingga pertengahan 2007 nyaris tak dilirik pengguna Internet di sini. Tapi, memasuki pertengahan tahun setelah itu , jumlah akses ke situs ini melonjak tajam dan menempatkannya sebagai situs ranking kelima yang paling banyak diakses di Indonesia. Bahkan Indonesia tercatat dalam sepuluh besar negara pemakai situs yang mulai dibuka untuk umum pada 2006 ini, yaitu 150 juta orang–sekitar 700 ribu orang berasal dari Indonesia.Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook

Semakin hari pengguna facebook semakin banyak disebabkan karna facebook merupakan situs jejaringan yang sangat mudah untuk digunakan selain sangat mudah layanan facebook juga menjawab kebutuhan bagi user. Facebook juga tidak lepas dari dampak Negatif nya, banyak Orang-orang yang tidak bertanggungjawab menyalahgunakan penggunaan situs jejaringan ini, Diantaranya penipuan bisnis online, penyebaran fhoto-fhoto yang berbau fornograpi, penculikan akibat pertemanan dari facebook, kesalahpahaman yang berujung terhadap penghinaan dan pengejekan,dan masih banyak lagi dampak negatif yang terjadi akbat penggunaan facebook yang tidak tepat.

      Sama dengan situs-situs pertemanan di dunia maya lainnya, Facebook hadir di tengah-tengah masyarakat luas pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya adalah untuk memudahkan pertemanan, komunikasi, dan melebarkan jaringan/koneksi, dan memudahkan masyarakat satu dengan yang lain dalam pemenuhan kebutuhan sebagia makhluk sosial yang saling bergantung.Kita harus bisa berpikir tepat dan logis, kita harus bisa menempatkan dan menerima fungsi fasilitas komunikasi sesuai dengan proporsinya masing – masing. Kinerja dan dampak positif dari penggunaan Facebook dan aplikasi dan situs pertemanan lainnya akan sangat terasa jika kita bisa menggunakannya dan tetap tunduk pada undang-undang internet (cyberlaw), memakai sesuai dengan fungsi yang proporsional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar